Perahu Firaun dinasti pertama ditemui

Perahu Firaun Dinasti Pertama Ditemukan
Sebuah perahu kuno yang didakwa berasal dari zaman Firaun ditemukan di Abu Rawash, Mesir. Kabar itu disampaikan Menteri Hal Ehwal Benda-benda Purbakala Mesir, Muhammad Ibrahim Ali, Rabu (25/7).

Egypt Independent melaporkan, perahu yang diperbuat dari kayu tersebut didakwa berasal dari zaman Raja Den pada Dinasti Pertama, sekitar 3000 SM. Ali berkata, keadaan perahu dalam keadaan baik.

Institut Arkeologi Oriental Perancis, kata Ali, telah melakukan penggalian di kawasan tersebut. Mereka menggali sisa-sisa kapal kuno dan berjaya mencari sebelas potongan kayu perahu masing-masing mempunyai panjang enam meter dengan lebar 1.5 meter.

Mereka pun membawa benda-benda berharga itu ke Museum Mesir untuk diperbaiki. Rencananya, mereka bakal mempamerkan perahu Firaun tersebut di Muzium Nasional Peradaban Mesir.

Secara berasingan Jeneral Pengawas Projek Muzium Mesir, Hussein Abdel Basir mengatakan, perahu tersebut disinyalir digunakan untuk pemakaman. Pasalnya, orang-orang Mesir kuno terbiasa menguburkan perahu bersama jasad orang yang sudah meninggal. Alasannya, orang Mesir kuno percaya perahu itu masih boleh digunakan mendiang di akhirat. sumber dari republika.co.id

Comments